Breaking News

Baterai Sering Nge-Drop? Berikut 10 Tips untuk Meningkatkan Masa Pakai Baterai


ANGKASABOLA - Jika selama ini Anda merasa bahwa smartphone yang Anda gunakan sering mangalami masalah pada baterai yang sering nge-drop dan tidak awet, jangan khawatir. Hampir semua pengguna smartphone sering mengeluhkan hal yang sama. Masalah dengan kinerja baterai ponsel cerdas, berbanding lurus dengan tingkat konsumsi daya di smartphone Anda. Tentunya, pada titik tertentu, teknologi baterai akan terus berkembang, sehingga dapat meningkatkan kualitas baterai. Namun jika Anda ingin menghindari masalah pada baterai smartphone, Anda dapat mengikuti beberapa tips untuk meningkatkan masa pakai baterai smartphone Anda. Berikut ini adalah 10 tips untuk membantu meningkatkan masa pakai baterai smartphone Anda:

1. Cek aplikasi yang paling boros baterai
Beberapa tahun terakhir, baik Android dan iOS telah menerapkan pemantauan konsumsi baterai untuk membantu pengguna menemukan aplikasi apa saja yang paling banyak mengonsumsi daya baterai. Buka Setting, lalu pilih opsi Baterai untuk melihat pengelompokan terorganisir dari aplikasi apa saja yang menghabiskan daya baterai ponsel paling banyak. Tiap aplikasi dan fitur akan ditampilkan dalam daftar menurun mulai dari tingkat konsumsi baterai paling banyak hingga yang paling sedikit. Jika Anda melihat aplikasi yang jarang Anda gunakan atau fitur yang tidak pernah Anda gunakan, maka jangan ragu untuk menghapus instalasi aplikasi tersebut.

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar
Layar adalah komponen yang paling haus daya di setiap smartphone. Sehingga Anda akan terkejut dengan seberapa banyak tingkat daya baterai yang akan meningkat jika Anda mengurangi tingkat kecerahan otomatis layar dan mengurangi kecerahan layar smartphone Anda. Anda bisa melakukan pengaturan brightness layar ke Setting > Display dan Brightness.

3. Matikan Konektivitas yang Tidak Dibutuhkan
Setiap ponsel pintar pasti memiliki beragam jalur konektivitas di dalamnya. Sangat bagus untuk selalu terhubung dan memanfaatkan fitur seperti LTE, NFC, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth. Akan tetapi apakah Anda benar-benar selalu membutuhkan kesemua jalur konektivitas tersebut untuk selalu aktif seharian penuh? Percayalah, konsumsi baterai Anda juga dipengaruhi oleh konektivitas tersebut. Matikan saja berbagai konektivitas yang tidak perlu, atau saat Anda tidak membutuhkannya.
 
 
4. Jangan biarkan aplikasi berjalan di latar belakang
Multitasking adalah salah satu fitur ponsel cerdas yang cukup banyak digemari, karena dengan fitur ini memungkinkan Anda dapat kembali ke aplikasi sebelumnya. Tapi percayakah Anda, aplikasi yang sesaat Anda tinggalkan tersebut dan berjalan di latar belakang, tetap juga dapat mengonsumsi energi baterai Anda? Ini benar adanya. Karena aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang, dan saat berjalan akan membutuhkan konsumsi daya baterai. Dengan mematikan aplikasi yang sebenarnya tidak Anda gunakan, Anda dapat secara drastis mengurangi beban kerja CPU Anda dan mengurangi konsumsi dayanya.

5. Buang widget layar beranda yang tidak perlu dan hapus live wallpaper
Hanya karena menampilkan widget di layar beranda, dan tampaknya tidak aktif, bukan berarti pemasangan widget tidak mengkonsumsi daya. Ini berlaku untuk widget yang memperbarui status polling di latar belakang, serta widget animasi. Oh iya, sedapat mungkin jauhkan pilihan Live Wallpaper sebagai tampilan depan homescreen smartphone Anda. Live Wallpaper juga mengkonsumsi daya baterai cukup besar, lho!

6. Non-aktifkan notifikasi yang tidak penting
Ponsel cerdas tanpa koneksi internet agaknya tidak berguna. Hampir setiap aplikasi sekarang melakukan update dan memunculkan notifikasi untuk memberitahukan pembaruan, berita, pesan, dan informasi lainnya. Ketika memuat notifikasi tersebut, notifikasi dari aplikasi tersebut mungkin akan berbunyi, atau menyalakan LED layar Anda dan menampilkan pesan. Notifikasi yang muncul akan membuat LED Anda berkedip, atau mengaktifkan audio. Semua hal ini menghabiskan energi. Anda mungkin tidak ingin mematikan notifikasi tentang pesan teks baru atau panggilan tidak terjawab, tetapi mematikan notifikasi berlebihan akan menguras daya baterai smartphone Anda. Dan mungkin akan menimbulkan gangguan yang tidak berguna sepanjang hari Anda dengan “serangan” notifikasi” dari banyak aplikasi yang ada di smartphone Anda.

7. Perbarui sistem dan aplikasi Anda
Sistem dan aplikasi yang sering diperbarui di smartphone Anda, sangat dianjurkan untuk menghadirkan efisiensi daya baterai, dan mengatasi bug. Jadi Anda harus memastikan sistem dan aplikasi yang berjalan di smartphone Anda adalah versi yang terbaru.

8. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis

Membuat smartphone Anda terus-menerus memeriksa dan mengecek apakah ada informasi baru tetang sinkronisasi aplikasi, akan membuang-buang daya baterai. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis di Pengaturan> Baterai > non-aktifkan Automatically Sync Apps. Langkah ini secara instan akan memperpanjang usia baterai perangkat Anda. Tapi ingat, sesuaikan kebutuhan ya, misalnya untuk email, jika dianggap penting, sinkronisasi otomatis harus tetap diaktifkan.

9. Gunakan mode hemat daya ekstra (jika smartphone Anda memiliki fitur ini)
Mode hemat daya akan membatasi smartphone Anda hanya dapat bekerja untuk beberapa aplikiasi terpenting saja misalnya untuk menerima telepon, mengirim SMS, panggilan telepon, menjelajah Web, dan Facebook. Dengan mengaktifkan mode hemat daya ini, akan dapat menghemat daya baterai lebih awet. Bahkan diklaim dapat memperpanjang satu hari waktu siaga (stand by).

10. Beli aplikasi versi premium
Ini sekedar saran, lho ya. Banyak aplikasi yang ditawarkan di toko aplikasi iOS dan Google Play Store, baik yang gratisn maupun yang premium (berbayar). Titik perbedaannya sering kali versi gratis didukung dengan iklan. Nah, menampilkan iklan di dalam aplikasi memang menggunakan sedikit data namun membutuhkan lebih banyak energy dan konsumsi baterai. Membeli aplikasi premium akan bebas iklan, dapat mengurangi konsumsi data juga penggunaan baterai jadi lebih hemat. Anda juga membebaskan ruang layar dengan menyingkirkan iklan yang mengganggu.
 
 

Tidak ada komentar