Breaking News

Mengenal Apa Itu April Mop?


ANGKASABOLA - Awal bulan keempat ini kerap dianggap istimewa. Pasalnya beberapa orang sedang merayakan April Mop, atau sah-sah saja berkata bohong untuk lelucon.

Namun tak sedikit yang membenci April Mop. Pasalnya, tebakan, tipuan atau jebakan terjadi sepanjang hari selama 1 April setiap tahunnya.

Tapi ada sejarah dibalik April Mop, yang disebut-sebut sangat terkait dengan sejarah mitologi Norwegia.

Dikutip dari berbagai sumber, versi tentang sejarah terciptanya April Mop beredar banyak. Menurut bangsa Roma dan penganut Hindu, mereka merayakan Tahun Baru di sekitar tanggal 1 April.

Tanggal 1 ini dipilih karena dianggap sebagai cara yang pas untuk memulai tahun baru. Tanggal ini adalah tanggal yang paling dekat dengan vernal equinox. Vernal equinox adalah waktu di saat seluruh bumi diperbaharui dengan datangnya musim semi.

Di abad pertengahan, banyak bangsa Eropa yang merayakan Tahun Baru pada tanggal 25 Maret. Tanggal ini dirayakan sebagai Pesta Kabar Sukacita, permulaan tahun baru.

Namun di tahun 1582, Paus Gregorius XIII membuat penanggalan baru untuk menggantikan kalender Julius. Kalender sang Paus dikenal sebagai kalender Gregorian. Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru ini dirayakan pada tanggal 1 Januari.

Perancis akhirnya mulai mengadopsi tanggal ini sebagai waktu merayakan Tahun Baru. Namun ternyata tak semua orang bisa menerima perubahan ini, dan ada juga yang tak mau tahu. Mereka tetap saja merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April.


Sementara orang lainnya yang tahu kalau 1 April bukanlah Tahun Baru mulai mengolok-olok hal ini sebagai hal yang bodoh. Tak hanya itu, mereka juga mencoba mengelabui orang-orang tradisional ini agar percaya dengan yang mereka katakan. Akhirnya, praktik ini menyebar sampai ke seluruh Eropa.

Namun dikutip dari Refinery 29, Adanya lelucon dan jebakan ini juga dianggap sebagai tribut kepada salah satu dewa dalam mitos Norwegia, Loki, dewa pembuat onar dan juga pembuat kekacauan.

Peran Loki dalam festival kebohongan itu lama-kelamaan makin memudar dari berbagai pemikiran mainstream. Namun beberapa orang pagan merujuk bahwa April Mop adalah Hari Loki atau Lokiblot. Mereka menghabiskan hari untuk merayakan si pembuat orang.

Salah satu tipuan April mop paling dahsyat terjadi pada 1 April 1957. Kala itu, program Panorama, stasiun berita Inggris terkemuka BBC menayangkan panen spageti di Ticino, Swiss.

Tampak di layar televisi, seorang perempuan yang cermat memetik helaian pasta itu dari pohon, meletakkannya di baskom bambu, lalu mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Mi ala Italia segar juga bisa langsung dihidangkan, dicampur bumbu-bumbu dan minyak zaitun. "Bagi mereka yang menyukai makanan itu, spageti yang ditanam sendiri tak ada tandingannya," kata sang narator, Richard Dimbleby, seperti dikutip dari BBC.

Karena spageti belum dikonsumsi secara luas di Inggris, masih jadi makanan 'eksotis', banyak pemirsa yang tertipu. Saking penasarannya mereka mencari tahu bagaimana caranya bisa mendapatkan bibit tanaman itu dan menumbuhkannya.

Tidak ada komentar